Minggu, 06 Desember 2015

Ikon Kartun tak Tergantikan si Manis Hello Kitty


Rasannya agak aneh jika ada orang yag tidak mengenal  Hello Kitty. hello kitty telah menjelam dari hanya sebuah film kartun kucing betina biasa menjadi sebuah ikon kartun yang luar biasa didunia. orang boleh saja mengenal kartun barbie, atapun tom and jerry, namun hello kitty lebih dari itu semua. hello kitty adalh ikon kartun dari segala kartun. hello kitty sudah menjadi "sesuatu " yang hanya sebuah kartun biasa yang sekarangdenganmudah bisa ditemui di berbagai benda, semisal korek api, baju,gantungan kunci pita, dan segala pernak pernik asessoris wanita. tentu saja hal itu jarang ada pada karakter kartun lainya. 

sejarah hello kitty satu satunya yang bisa menyamai mungkin adalah boneka barbie. hello kitty pertama kali di ciptakan  oleh perancang dari Sanrio yang bernama Shimizu Ikuko pada tahun 1974 yang akhirnya diperngati secara  resmi sebagai hari kelahiran  Hello Kitty. Penjualan barang-barang Hello Kitty baru dimulai pada bulan Maret 1975. Barang Hello Kitty pertama dipasarkan berupa dompet kecil yang disebut Puchi Purse Perusahaan Sanrio bahkan tidak lagi memiliki dompet Puchi Purse sampai mendapat sumbangan sebuah dompet Puchi Purse dari seorang kolektor yang sekarang dipamerkan di kantor perusahaan. Dompet Puchi Purse kemudian dibuat replikanya dan dijual sebagai barang dalam jumlah terbatas.



pada mulanya , sering hello  Kitty selalu digambarkan sedang duduk namun  baru pada tahun 1977 Kitty digambarkan berdiri.

Meskipun begitu hello kitty sempat terpuruk kepopleranya di Jepang, kepopuleran Hello Kitty mencapai titik paling rendah di sekitar tahun 1980-an. Pada tahun 1980, Yonekubo Setsuko yang merupakan desainer generasi kedua digantikan oleh Yamaguchi Yūko yang masih memegang posisi desainer hingga sekarang. dai tahun ketahun, Penampilan karakter Kitty selalu diperbarui , bahkan penampilan Kitty berbeda-beda setiap pergantian musim. Perusahan juga mengubah target pemasaran dan melakukan berbagai macam inovasi agar angka penjualan yang tinggi dapat dipertahankan.
berkat kahar tomomi, hello kitty melejit lagi kepopuleranya, hl ini karena penyanyi terkenal itu mengaku sebagi penggemar berat hello kitty.   direktur perusahaan Sanrio pernah mengakui bahwa Hello Kitty kembali populer di Jepang berkat Kahara Tomomi.
begitu di gilainya hello kitty, Pada tahun 2004, Kitty resmi menjadi ikon sebagai "teman khusus anak-anak" di UNICEFhingga tanggal 1 November 2004). Selain itu, Kitty juga pernah dua kali menjabat sebagai duta UNICEF, pertama pada tahun 1983 (UNICEF America Junior Ambassador) dan yang kedua kalinya di Jepang pada tahun 1994.
Demam hello kitty tidak hanya di Jepang, namun juga di Amerika. hal ini dikarenakan   beberapa orang selebritis seperti Mariah Carey yang menggunakan Hello Kitty sebagai gaya busana. Hello Kitty juga pernah menjadi maskot iklan untuk pasar swalayan TargetRicky MartinCameron DiazHeidi KlumSteven TylerCarmen ElectraMandy MooreRaven-Symoné, hingga Paris Hilton dan Nicky Hiltonsemuanya pernah terlihat menggunakan barang-barang Hello Kitty. Penyanyi Lisa Loeb merupakan penggemar berat Hello Kitty hingga salah satu albumnya diberi nama Hello Lisa yang dipersembahkan kepada Hello Kitty.

rasanya sampai sekrang memang tidak ada ikon kartun yang bisa mengalahkan kepopuleran hello kitty.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar